Home / Konsultan ISO / Konsultan ISO 29001:2010

Konsultan ISO 29001:2010

Konsultan ISO ts 29001:2010

API Spec Q1 tidak memiliki Certification Body (CB) selain API sendiri. Berbeda dengan ISO yang memiliki banyak perwakilan Certification Body (CB) di Indonesia semisal SGS, DQS, LRQA, BV, dan sebagainya, API tidak memiliki CB selain API sendiri. Sehingga pihak yang hendak mendaftarkan API Q1 harus berhubungan langsung dengan pusat API, Amerika. 3. API Spec Q1 tidak harus didaftarkan untuk mendapat sertifikasi API Spec Q1 adalah prasyarat untuk mendapatkan API Monogram (standar produk peralatan industri minyak dan gas). Setiap organisasi yang ingin meraih sertifikat API Monogram diwajibkan mengimplementasikan API Spec Q1 di lingkungan organisasinya. Namun, kewajian implementasi ini tidak diikuti dengan kewajiban mendaftarkan sertifikat API Spec Q1. Akan tetapi, tentu organisasi yang mendaftarkan sertifikasi API Spec Q1 dan berhasil meraihnya telah membuktikan bahwa organisasinya telah sesuai dengan standar industri minyak dan gas yang diakui secara internasional.
API Spec Q1 tidak memiliki Certification Body (CB) selain API sendiri.
Berbeda dengan ISO yang memiliki banyak perwakilan Certification Body (CB) di Indonesia semisal SGS, DQS, LRQA, BV, dan sebagainya, API tidak memiliki CB selain API sendiri. Sehingga pihak yang hendak mendaftarkan API Q1 harus berhubungan langsung dengan pusat API, Amerika.

Sistem Manajemen Mutu untuk Industri Minyak dan Gas (API Spec Q1 VS ISO 9001)

Sistem manajemen mutu (SMM) atau ISO 9001? Sebuah sistem manajemen mutu yang telah terbukti secara efektif dan efisien dapat menjaga dan meningkatkan mutu sebuah organisasi. Bagaimana dengan API Spec Q1? Sistem manajemen mutu ini tidak sepopuler ISO 9001. disebabkan oleh beberapa hal:

1. API Spec Q1 ditujukan khusus untuk organisasi yang bergerak di bidang minyak dan gas
API Spec Q1 ini merupakan persyaratan spesifik (technical standard) dari standar sistem manajemen mutu untuk organisasi yang bergerak di bidang minyak dan gas (petroleum, petrochemical & natural gas industry sector). Standar ini dikeluarkan oleh American Petroleum Institute (API), sebuah organisasi yang terakreditasi oleh American National Standards Institute (ANSI) yang bertugas mengembangkan standar organisasi dan standar operasi untuk industri minyak dan gas. Hanya organisasi yang bergerak baik langsung ataupun tidak langsung di bidang minyak dan gas yang menerapkannya sistem ini.
2. API Spec Q1 tidak memiliki Certification Body (CB) selain API sendiri.
Berbeda dengan ISO yang memiliki banyak perwakilan Certification Body (CB) di Indonesia semisal SGS, DQS, LRQA, BV, dan sebagainya, API tidak memiliki CB selain API sendiri. Sehingga pihak yang hendak mendaftarkan API Q1 harus berhubungan langsung dengan pusat API, Amerika.
3. API Spec Q1 tidak harus didaftarkan untuk mendapat sertifikasi
API Spec Q1 adalah prasyarat untuk mendapatkan API Monogram (standar produk peralatan industri minyak dan gas). Setiap organisasi yang ingin meraih sertifikat API Monogram diwajibkan mengimplementasikan API Spec Q1 di lingkungan organisasinya. Namun, kewajian implementasi ini tidak diikuti dengan kewajiban mendaftarkan sertifikat API Spec Q1. Akan tetapi, tentu organisasi yang mendaftarkan sertifikasi API Spec Q1 dan berhasil meraihnya telah membuktikan bahwa organisasinya telah sesuai dengan standar industri minyak dan gas yang diakui secara internasional.


Adakah perbedaan persyaratan & implementasi sistem yang diminta oleh API Spec Q1, ISO 9001 dan ISO/TS 29001?.
API Spec Q1 berisi semua persyaratan yang dimiliki oleh ISO 9001 dengan beberapa persyaratan tambahan yang disesuaikan kebutuhan industri minyak dan gas. Dengan kata lain, organisasi yang telah mengimplementasikan API Spec Q1 berarti telah memenuhi semua persyaratan yang diminta dalam ISO 9001. Ini dikarenakan API dan ISO saling bekerja sama dan menghasilkan sistem manajemen mutu untuk industri minyak dan gas; API dengan API Spec Q1 dan ISO dengan ISO/TS 29001. Kedua jenis standar ini adalah similar, hanya beda pada organisasi yang menerbitkannya.

Ada sekitar tiga puluhan lebih persyaratan tambahan yang diminta oleh API Spec Q1 atau ISO/TS 29001 dibandingkan dengan ISO 9001. Penambahan persyaratan ini contohnya penambahan ketentuan masa simpan rekaman mutu minimal lima tahun, pelaksanaan management review minimal setahun sekali, serta kewajiban membuat beberapa prosedur beserta rekamannya di luar enam prosedur wajib yang ada di ISO 9001.
ISO / TS 29001: 2010 merupakan hasil kerja sama antara American Petroleum Institute (API) dan komite teknis ISO ISO / TC 67, Bahan, peralatan dan struktur lepas pantai untuk minyak bumi, petrokimia dan industri gas alam.

Siapa yang wajib mengimplementasikan ISO TS 29001?
ISO / TS 29001 – yang juga diterbitkan sebagai API Q1 – untuk memberikan dokumen SMM tunggal untuk memenuhi kebutuhan industri minyak dan gas di seluruh dunia, khususnya minyak bumi, petrokimia dan gas alam organisasi besar, serta pemerintah dan peraturan lembaga, ini memberikan dasar untuk kualifikasi SMM produsen peralatan dan pemasok jasa. Potensi pengguna akhir adalah sebagai berikut:

– Organisasi yang terlibat dalam eksplorasi, produksi, pipa dan transportasi, dan pemurnian minyak bumi dan produk gas alam.
– Organisasi yang terlibat dalam desain, manufaktur, instalasi, layanan dan perbaikan peralatan yang digunakan dalam eksplorasi, produksi, transportasi dan penyulingan minyak bumi dan gas alam produk.
– Organisasi yang menyediakan teknis, layanan operasional dan dukungan kepada berbagai sektor industri yang diidentifikasi di atas.

“ISO / TS 29001 kini telah diterima sebagai persyaratan dasar untuk sistem manajemen mutu di sektor eksplorasi dan produksi industri minyak bumi dan gas alam. Dokumen ini mendapatkan penerimaan di sektor penyulingan dan sedang serius dipertimbangkan di sektor pipa.

Sertifikasi ini untuk organisasi yang terlibat dalam eksplorasi, produksi, pipa dan transportasi, penyulingan minyak bumi dan gas alam dan orang-orang yang memberikan layanan teknis dan dukungan kepada industri ini. Spesifikasi ini juga berlaku untuk produsen dan pembeli minyak dan peralatan industri gas juga dapat menggunakan spesifikasi teknis ini.

Untuk konsultasi iso 29001:2010, silahkan menghubungi kami, konsultan ISO ts 29001:2010

Dp Konsultan
Telp : 021 92795135
Mobile: 087884302987 I 081380163185

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.