Home / Konsultan ISO / BAHAYA KANDUNGAN FORMALIN DALAM MAKANAN

BAHAYA KANDUNGAN FORMALIN DALAM MAKANAN

 Formalin Pada Bahan Makanan

Jangan Pandang Sebelah Mata

Formalin merupakan nama dagang dari larutan formaldehid dalam air dengan kadar 30-40% dan desinfectan kuat untuk bakteri pembusuk, cendawan dan kapan.

Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk yang berfungsi mengeraskan jaringan, mengawetkan mayat dan jaringan. Efek segera akibat formalin jarang terjadi, namun efek kumulatiflah yang perlu diwaspadai.

Bahaya Formalin :

  1. Zat beracun jika kandungan dalam tubuh tinggi akan bereaksi secara kimia dengan hampir semua sel sehingga menekan fungsi dan menyebabkan kematian sel yang menyebabkan keracunan pada tubuh.
  2. Karsinogen yang menyebabkan kanker.
  3. Korosif dan iritatif.
  4. Mutagen yang menyebabkan perubahan sel dan jaringan tubuh.
  5. Formalin bila menguap di udara, berupa gas yang tidak berwarna dengan bau yang tajam menyesakkan sehingga merangsang hidung, tenggorokan dan mata.
  6. Konsumsi formalin pada dosis sangat tinggi dapat mengakibatkan kejang-kejang, kencing darah, dan muntah darah yang berakhir dengan kematian.

 Ciri – ciri produk pangan yang mengandung formalin :

  1. Tahu : bentuknya sangat bagus, kenyal, tidak mudah hancur, awet beberapa hari dan tidak mudah busuk.
  2. Mie Basah : awet beberapa hari dan tidak mudah basi dibandingkan dengan yang tidak mengandung formalin.
  3. Ayam Potong : Berwarna Putih bersih awet dan tidak mudah busuk.
  4. Ikan Basah : Warnanya putih, bersih, kenyal, insangnya berwarna merah tua bukan merah segar, awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk.

Jasa dokumen BPOM

Untuk setiap makanan yang beredar di masyarakat sudah seharusnyalah teregistrasi di Badan pengolahan obat dan makanan – BPOM, hal itu untuk memastikan prosedure proses makanan sehat itu sudah di imflementasikan dengan benar, hal itu dibuktikan juga adanya bukti dokuemn setiap obat dan makanan memiliki dokumen bpom . membuktikan sebuah obat atau makanan baik itu imfort atau local telah lulus uji laboratorium dari BPOM tersebut. hal ini dilakukan , disamping printah undang-undang, juga menjamin keselamatan dan masa depan dari pemakai produk itu sendiri.

untuk detail tentang proses makanan sehat, formalin berbahaya untuk kesehatan, proses pengolahan makanan, bahaya kandungan formalin, jasa dokumen bpom, makanan olahan, keamanan kesehatan makanan silahkan menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.