Home / Manajemen Lingkungan / KONSULTAN IPAL

KONSULTAN IPAL

Jasa konsultan Izin IPAL dan Konstuksinya

Jasa konsultan IPAL
Jasa konsultan IPAL

1. Apa yang dimaksud dengan IPAL?.

IPAL-instalasi pengolahan air limbah merupakan suatu perangkat tehnik berikut perlengkapannya untuk memproses dan mengolah cairan sisa proses produksi pabrik atau proses bisnis sehingga cairan tersebut layak di buang ke lingkungan dan tidak merdampak negative terhadap lingkungan tersebut.

2. Manfaat IPAL

IPAL sangat berguna untuk manusia demikian juga terhadap mahluk hidup lainnya. Misalnya:

– Dapat menggolah air limbah domestic atau industri dengan tujuan air limbah tersebut dapat digunakan kembali sesuai dengan peruntukan masing-masing.
– Mencegah biota-biota laut atau sungai mati.
– Agar supaya air limbah yang dialirkan baik itu ke laut atau sungai tidak tercemar.

3. Proses IPAL

– Proses pertama-air limbah dialirkan ke instalasi, lalu Air tersebut akan melalui 4 tahap proses, yaitu:
1. Air limbah akan di tamping kedalam pasilitas penampungan yang berisi pasir yang berfungsi untuk mengendapkan air limbah tersebut.
2. Air limbah tersebut akan dialirkan ke penampungan yang berisikan krikil yang mana fungsinya sama seperti pasir pada proses 1
3. Pada tahap ke 3 ini, air limbah tersebut akan dialirkan ke penampungan yang berisikan banyak enceng gondok. Eceng gondok berfungsi sebagai penyerap zat-zat kimiawi terutama zat ammonia dan fosfat.
4. Tahap 4, air limbah yang telah disaring dan diendapkan eceng gondok tadi, maka berikutnya ke penampungan yang ke 4, dimana penampungan tersebut berisikan ikan, yang berfungsi sebangai indikator . apabila ikan di dalam mati dalam waktu yang tidak lama, itu berarti air limbah tersebut belum benar2 bersih. Untuk memastikan point 4 tersebut, maka dipastikan semua proses berjalan sesuai dengan SOP yang berlaku demikian juga kontrolnya.

Kesimpulan:

Izin ini sesungguhnya mutlak adanya bagi setiap usaha atau perusahaan yang aktivitasnya menimbulkan limbah cair (walaupun banyak sekali yang melanggar dengan asal saja membuang limbah cairnya ke sungai ). Dengan tiadanya izin ini, maka membuang limbah langsung ke sungai adalah perbuatan melanggar hukum dan dapat dikenai tindak pidana. Oleh karena itu sebagain pengusaha (yang peduli akan lingkungan dan kelanggengan usahanya) sangat concern dengan keberadaan izin ini. Karena tanpa dikantonginya izin ini berarti pengusaha tidak dapat beroprasi, coba saja bayangkan manusia yang hanya makan dan minum saja tapi tidak boleh buang air sama sekali, pasti mules kan? Hehe………………..

Untuk konsultan ipal, pengurusan izin serta konstruksinya, jasa izin ipat, jasa izin sumur bor, silahkan menghubungi kami:

DP Konsultan
Telp : 021 92795135
Mbl : 081380163185
Website : www.dpkonsultan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.