Home / Manajemen Lingkungan / Jasa konsultan K3L

Jasa konsultan K3L

Keselamatan kesehatan kerja dan Lingkungan

Pesan K3L oleh Dp Konsultan I telp 021 92795135
Pesan K3L oleh Dp Konsultan I telp 021 92795135

Pencemaran Lingkungan

Di Indonesia umumnya Pencemaran lingkungan disebabkan oleh limbah industri yang dibuang tanpa memenuhi persyaratan baku mutu, emisi kendaraan bermotor, serta limbah domestik akibat padatnya penduduk dikota-kota besar.  Namun demikian, tekanan yang semakin kuat di lancarkan oleh kaum green consumerism dan berlakunya sistem manajemen lingkungan ISO 14000 semakin membuat para pelaku bisnis yang harus menerapkan prinsip eko-efisiensi.

Secara garis besar, eko-efisiensi adalah usaha yang dilakukan perusahaan agar mencapai kondisi efisien secara ekonomik dan ekologik.
Terdapat tujuh elemen aktivitas eko-efisiensi yaitu:

1. Kurangi intensitas bahan untuk produk / jasa
2. Kurangi intensitas penggunaan energi
3. Eliminasi penyebaran bahan beracun
4. Tingkatkan daur ulang bahan-bahan
5. Memaksimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat diperbaharui (renewable resources)
6. Perpanjang masa pakai / guna produk melalui program perawatan berkala
7. Tingkatkan intensitas jasa dari produk dan jasa yang di hasilkan

Semua jenis pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia merupakan suatu pertanda bahwa pemanfaatan sumber daya alam, pengelolaan lingkungan dan teknologi penanganan belum terlaksana dengan baik. Untuk itu perlunya dalam melakukan aktivitas industri memahami betul masalah hirarki limbah yang dihasilkan. Hirarki limbah merupakan sebuah daftar prioritas dan tanggung jawab yang menunjukkan arah pemikiran mengenai pilihan yang disukai dalam mengelola semua jenis limbah yang dihasilkan oleh suatu industri.

Prinsipnya merupakan landasan atau basis pengembangan prinsip eko-efisiensi.

Terdapat empat aktivitas pada hirarki limbah yang strateginya dianggap lebih baik daripada strategi minimisasi limbah seperti:

  1. Meniadakan atau mengurangi pembentukan limbah dan pencemaran melalui Substitusi bahan baku, perubahan proses atau penggunaan teknologi alternatif.
  2. Menggunakan kembali atau daur ulang limbah yang tidak dicegah keberadaannya. Kegiatan daur ulang limbah disukai untuk dilaksanakan di lokasi pabrik atau perusahaan yang sama, atau di tempat lain bila diperlukan.
  3. Menggunakan teknologi pengolahan yang aman dalam mengurangi limbah beracun, mobilitas atau volume, dan limbah yang menghasilkan residu padat yang bermasalah
  4. Mengamankan limbah yang telah diolah secara legal misalnya dengan menggunakan metoda yang direkayasa, yang menyediakan sistem penyimpanan jangka panjang

Jasa konsultan K3L atau konsultan UKLUPL

Keselamatan kesehatan kerja di lingkungan kerja merupakan sebuah keharusan, tetapi seiring dengan hal itu menjaga lingkungan dimana kita bekerja juga tidak kalah pentingnya, bukan? menjada lingkunagn kita sehat bukan hanya tergantung kepada kebijakan yang dikeluarkan oleh manajemen, tetapi lebih dari itu, Key sucsess policynya ada di tangan kita masing-masing. sebab kami sebagai jasa konsultan k3l atau konsultan uklupl hanyalah sebagai sifatnya menghimbau dan mengingatkan saja serta memberikan informasi yang resiko apa yang terjadi apabila kita menghiraukannya.

Untuk menjapatkan konsultan K3L atau jasa uklupl, silahkan menghubungi kami di:

Dp konsultan

Telp   : 021. 92795135 I WA 081380163185

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.