Home / Agriculture Certification / KONSULTAN ISPO

KONSULTAN ISPO

JASA SERTIFIKASI ISPO

Akan meningkatkan daya saing perkebunan kelapa sawit indonesia
Akan meningkatkan daya saing perkebunan kelapa sawit indonesia

Konsultan ISPO

Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) adalah suatu kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia dan ikut berpartisipasi dalam rangka memenuhi komitmen Presiden Republik Indonesia untuk mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan.

Untuk meningkatkan kelestarian perkebunan kelapa sawit yang berkesinambungan di Indonesia, pemerintah mengeluarkan sebuah sertifikasi perkebunan kelapa sawit yang telah mendapat penilaian dinas perkebunan dan masuk klas 1,2 atau 3. Setiap perkebunan kelapa sawit yang telah masuk kelas tersebut maka sudah pasti harus sertifikasi ISPO.

Apakah sertifikasi ispo dapat di lakukan sebelum keluar hasil penilaian dari dinas perkebunan? Tentu BISA. Artinya konsultan ispo akan membantu dalam mempersiapkan organisasi dalam menyusun semua dokumen yang akan di audit oleh dinas perkebunan tersebut. Tetapi normalnya adalah penilaian oleh dinas perkebunan terlebih dahulu baru dilakukan develop sistem ISPO dalam organisasi.

Proses konsultan sertifikasi ISPO

Tidak ada ubahnya seperti standard – standard lainnya , maka ISPO juga memiliki standard dalam melakukan develop sistem dalam perusahaan perkebunan kelapa sawit, adalah sebagai berikut:

1. Gap analisys
2. Pelatihan – pemahaman persyaratan dan sistem dokumentasi ispo
3. Penyusunan sistem dokumentasi
4. Imflementasi terhadap sistem yang telah disusun
5. Pelatihan audit internal
6. Audit internal
7. Tindakan koreksi
8. Pre-assesment oleh konsultan
9. Tindakan koreksi
10. Review manajemen
11. Full assessment stage 1 and 2
12. Post sertifikasi

Audit surveillance ISPO perkebunan kelapa sawit
Untuk memastikan konsistensi imflementasi dokumentasi ISPO dalam organisasi perkebunan kelapa sawit, perlu dilakukan audit surveillance oleh badan sertifikasi yang di tunjuk oleh organisasi itu sendiri. Surveillance ini dapat dilakukan 1 X (satu) dalam setahun atau setiap 6 ( enam) bulan sekali, semua tergantung dari masalah yang dihadapi organisasi.

Konsultasinya Berapa lama???
Untuk memastikan semangat dan kwalitas konsultasi itu sendiri kepada organisasi, serta semua tim / person mengerti maka pengalaman kami selama ini adalah 6-8 bulan, hal ini sudah termasuk sertifikasi stage 1/2.
Untuk Konsultasi ispo, jasa konsultan sertifikasi ispo, analisa perkebunan kelapa sawit, jasa dokumen ispo atau jasa sertifikasi ispo, silahkan menghubungi kami:

Gam analysis-Training-Dokumentasi-Audit-Certification
Gam analysis-Training-Dokumentasi-Audit-Certification
 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.