Home / HSE / SERTIFIKASI SMK3

SERTIFIKASI SMK3

KONSULTAN SERTIFIKASI SMK3 – KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) SMK3

ONE GATE FOR CERTIFICATION SMK3, ISO 9001:2015, OHSAS 18001, ISO 14001:2015 AND ISO 45001, contact mobile / Wa: 0813801 63185
ONE GATE FOR CERTIFICATION SMK3, ISO 9001:2015, OHSAS 18001, ISO 14001:2015 AND ISO 45001, Contact mobile / Wa: 0813801 63185

 

Latar Belakang Sertifikasi SMK3

Berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 50 tahun 2012 tentang penarapan/implementasi SMK3, pada pasal 5 menyebutkan setiap perusahaan wajib menerapkan SMK3 di perusahaannya. Kewajiban sebagaimana dimaksud berlaku bagi perusahaan dengan ketentuan:

  1. Mempekerjakan karyawan/Buruh minimal 100 (seratus) orang, atau,
  2. Mempunyai tingkat potensi bahaya tinggi (dalam proses bisnisnya)

Selanjutnya mengenai tingkat potensi bahaya tinggi sebagaimana dimaksud mengacu kepada ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berikut kami sebagai konsultan sertifikasi SMK3 share manfaat atau apa saja keuntungan perusahaan apabila memiliki sertifikasi SMK3:

  1. Pengakuan perusahaan terhadap kinerja K3 dalam perusahaan dalam bentuk implementasi dan mendapat sertifikasi SMK3 dari pemerintah (kementerian tenaga kerja dan trasmigrasi)
  2. Bukti kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundangan dalam bidang K3
  3. Sertifikasi k3 atau implementasi sertifikasi k3 adalah salah satu tools manajemen dalam meningkatkan kinerja SMK3 dalam pencapaian yang telah ditetapkan oleh manajemen.
  4. Implementasi sertifikasi K3 mencegah kerugian yang lebih besar pada perusahaan
  5. Setelah mengimplementasikan SMK3 serta di lakukan audit kesesuaian maka akan di ketahui efektifitas juga efesiensi perusahaan untuk di perbaiki kemudian.
  6. Adanya penanganan yang berkesinambungan terhadap resiko yang ada dalam proses bisnis perusahaan
  7. Bila memiliki sertifikasi SMK3, maka perusahaan akan memenuhi persyaratan untuk lulus dan ikut tender di pemerintahan (Mandetory).
  8. Dipastikan bahwa implementasi sertifikasi SMK3 maka semua bahaya dan resiko akan lebih terpantau dan dilakukan langkah-langkah pencegahannya.
  9. Meningkatnya tingkat keperdulian dan pengetahuan tenaga kerja mengenai K3 yang akan seiring dengan meningkat dan terpeliharanya tingkat produktivitas perusahaan
  10. Dengan sertifikasi SMK3 tentunya secara otomatis akan meningkatkan brend image perusahaan daik dari external demikian juga internal perusahaan itu sendiri
  11. Dengan sertifikasi SMK3 tentunya akan meningkatkan daya saing perusahaan dalam memenangkan persaingan pasar dalam dan luar negeri.

Sementara manfaat sertifikasi SMK3 bagi pemerintah adalah:

  1. Salah satu indicator meningkatkan mutu kehidupan juga brend image bangsa di forum internasional.
  2. Implementasi sampai sertifikasi SMK3 akan mengurangi tingkat kecelakaan kerja yang seiirng dengan meningkatnya productifitas kerja nasional
  3. Sertifikasi SMK3 adalah alat pemerintah untuk melindungi hak2 tenaga kerja dalam hal K3

Selamat bagi perusahaan anda yang telah LULUS sertifikasi SMK3

PraAudit sertifikasi SMK3

Untuk memperoleh sertifikat SMK3 pp 50 tahun 2012 maka sudah barang tentu diperlukan persiapan salah satunya dengan dilakukannya Praaudit oleh konsultan sertifikasi SMK3 external. Dari hasil temuan praaudit sertifikasi smk3 external inilah di lakukan perbaikan2 atas ketidaksesuaian tersebut. Untuk melakukan praaudit sertifikasi smk3 ini bisal saja diambil dari perusahaan konsultan sertifikasi smk3 yang sama tetapi lebih baik dari perusahaan konsultan sertifikasi smk3 yang berbeda. perusahaan yang sudah mempekerjakan  karyawan lebih dari 100 orang atau bisa kurang dari 100 orang tetapi mempunyai potensi bahaya tinggi, maka wajib hukumnya menerapkan Sistem Manajemen K3 dengan dibuktikan oleh Sertifikat SMK3. Belajar dari pengalaman kami sebagai konsultan sertifikasi SMK3 maka saran kami untuk mempermudah proses konsultasi sertifikasi SMK3 ini adalah supaya selalu di awali dengan penyusunan kerangka acuan kerja (KAK) SMK3 yang disesuaikan dengan bisnis proses perusahaan. Dengan penyusunan kerangka acuan kerja (KAK) ini akan mempermudah tim dalam meraih sertifikasi SMK3 itu sendiri.

Sertifikat SMK3 adalah bukti pengakuan tingkat pemenuhan penerapan peraturan perundang undangan SMK3 yang terkait. Proses mendapatkan sertifikat SMK3 memerlukan biaya tentunya. sertifikat SMK3 pp 50 tahun 2012 suatu perusahaan termasuk yang dilakukan oleh Lembaga Audit Independen yang ditunjuk oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sertifikat SMK3 diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada bulan K3 antara bulan April sampai bulan Mei secara serentak diseluruh Indonesia yang pelaksanaannya dilakukan terpusat di Jakarta.

Pertanyaannya sekarang, bila perusahaan kita telah sertifikasi ISO 9001:2015, OHSAS 18001/ISO 45001 (pada saat tulisan ini masih dalam proses Dis), ISO 14001:2015, apakah juga harus memiliki SERTIFIKASI SMK3????. ……………

Berikut kerangka acuan kerja (kak) dalam melakukan penilaian tingkat penarapan audit smk3.

smk3-dp Persyaratan Sersyaratan Sertifikasi SMK3-sistem manajemen keselamatan Kesehatan Kerja

Sebagaimana persyaratan sertifikasi smk3, maka setelah perusahaan dokumentasi dan implementasi smk3 yang di pandu oleh seorang konsultan sertifikasi smk3 ada beberapa persyaratan berikut ini yang harus di penuhi oleh perusahahaan, yaitu:

  1. Tim Panitia P2K3 = Panitia Pembina Keselamatan Kesehatan Kerja – Tim p2k3 ini harus disahkan oleh Depnakertrans wilayah dimana perusahaan tersebut berada. susunan tim p2k3 itu sendiri terdiri dari. Ketua tim (Top Level Manajemen), Sekretaris tim (harus memiliki sertifikasi AHLI K3) dan anggota (karyawan perusahaan) yang jumlah minimalnya tidak diatur. saran kami tim P2k3 tersebut sudah di bentuk pada saat penyusunan kerangka acuan smk3 perusahaan. mengingat pekerjaan tim ini tidaklah ringan.
  2. Lay out kantor (gedung) kantor perusahaan
  3. Jumlah Karyawan (sesuai yang dilaporkan ke depnakertrans
  4. List peralatan berikut sertifikasinya yang masih berlaku (sertifikasi alat dari depnakertrans)
  5. Kop surat resmi perusahaan
  6. Legalitas perusahaan (npwp, tdp, domesili, akte pendirian (halaman depan), siup
  7. Bayar jasa sertifikasi dan auditor…………he…he……..he……ini yang terpenting
  8. Visit auditor………………….

Hal-hal proses sertifikasi:

  • Surat keterangan bahwa telah lulus sertifikasi smk2 akan di keluarkan oleh kemenakertrans (telah memenuhi persyaratan ikut tender). sementara sertifikat smk2 atau sertifikasi smk3 akan di keluarkan oleh pemerintah setiap bulan Mei setiap tahunnya (Bulan K3) Indonesia.
  • Sertifikat tidak harus melakukan survellance pada setiap tahunnya. terkecuali bila perusahaan mau dilakukan perbaikan dan koreksi sehingga perlu dilakukan audit external.

Detail informasi konsultan sertifikasi SMK3 atau praaudit sertifikasi SMK3, silahkan menghubungi kami.

 

DP Konsultan

www.dpkonsultan.com

E: davidpurba88@gmail.com

Mobile / Wa  : 0813801 63185 / 081212 814843

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.