Home / Jasa Appraisal Asset / Jasa Konsultan Revaluasi Asset-Kantor Jasa penilai Publik-KJPP

Jasa Konsultan Revaluasi Asset-Kantor Jasa penilai Publik-KJPP

REVALUASI ASSET-JASA APPRAISAL ASSET

Jasa penilai kapal, jasa penilai tugboat, jasa penilai perumahan, tanah dan bangunan, barang import, dan lain-lainnya

Jasa Konsultan Revaluasi Asset

Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) menilai ada hubungan tidak langsung antara kebijakan keringanan tarif pajak penghasilan (PPh) atas selisih hasil penilaian kembali (revaluasi) aset dengan rencana program Pengampunan Nasional (special amnesty).

kjpp

Direktur Eksekutif CITA, Yustinus Prastowo menjelaskan pada prinsipnya revaluasi aset biasanya dilakukan oleh perusahaan maupun wajib pajak (WP) orang pribadi yang ingin mencari pendanaan. Dengan menilai kembali asetnya mengikuti harga wajar diharapkan nilai harta yang bisa dijadikan agunan meningkat sehingga potensi pembiayaan yang bisa didapat menjadi lebih besar.

“Penurunan tarif PPh terkait revaluasi aset sebenarnya bagus karena memang selama ini ketinggian. Ini bisa menjadi insentif bagi swasta atau BUMN yang mau menjual obligasi atau IPO (penawaran saham perdana) karena nilai asetnya menjadi meningkat,” jelasnya kepada CNN Indonesia, Kamis (22/10).

Secara tidak langsung, lanjutnya, fasilitas ini terkait dengan kebijakan Menteri Keuangan yang membatasi rasio utang terhadap total aset (Debt to Equity Ratio/DER) perusahaan yang menjadi faktor pengurang PPh menjadi 4:1. bagaimanakah jasa appraisal asset atau jasa konsultan revaluasi asset untuk menyikapi hal ini?
Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro pada 15 Oktober lalu menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191/PMK.010/2015 tentang Penilaian Kembali Aktiva tetap untuk Tujuan Perpajakan Bagi Permohonan yang Diajukan. pada Tahun 2015 dan Tahun 2016.

Dalam beleid tersebut, tarif PPh atas selisih hasil revaluasi aset diturunkan berjenjang dari 10 persen menjadi 3 persen hingga 6 persen. Tarif PPh 3 persen dikenakan untuk permohonan yang diajukan pada periode Desember 2015, dengan pelaksanaan revaluasi aset pada bulan yang sama.

Sementara untuk permohonan yang diajukan pada periode 1 Januari hingga Juni 2016, dengan batas pelaksanaan revaluasi aset sampai dengan 30 Juni 2017, maka PPh final dikenakan sebesar 4 persen.

Tarif PPh final akan dikenakan lebih tinggi menjadi 6 persen jika permohonan diajukan dalam rentang waktu 1 Juli hingga 31 Desember 2016, dengan batas pelaksanaan penilaian kembali sampai dengan 31 Desember 2017.

Sisi aktiva Neraca perusahaan akan naik sebesar nilai lebih dan dicatat dalam akun “Selisih Lebih Penilaian Kembali Aktiva Tetap Wajib Pajak Tanggal …. “. Akun ini disusutkan sesuai masa manfaat aktiva Tetap. Artinya, tahun-tahun setelah revaluasi asset penghasilan neto fiskal akan tergerus oleh penyusutan selish lebih revaluasi.
Lansung di kutip dari: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151022175610-78-86729/fasilitas-pph-revaluasi-aset-diduga-terkait-amnesti-spesial/

Kantor Jasa penilai publik-KJPP

Sisi ekuitas Neraca akan muncul “saham baru” baik berupa saham bonus atau saham baru tanpa penyetoran. Saham baru ini bukan objek PPh sesuai Pasal 2 hurup b Peraturan Pemerintah nomor 94 tahun 2010. Secara umum, penambahan saham tanpa setoran, apapun namanya, dianggap dividen. Bisa dicek bagian penjelasan Pasal 4 (1) huruf g UU PPh.

Jadi, keuntungan bagi pebisnis dengan revaluasi asset ini adalah selain mendapat diskon pajak penghasilan, pemegang saham juga dapat tambahan saham yang bukan objek PPh, dan secara fiskal penghasilan neto akan lebih kecil dibanding tahun lalu.

Satu lagi keuntungan revaluasi asset adalah bahwa dengan “tambahan nilai aktiva” maka perusahaan bisa nambah utang ke bank untuk modal kerja atau menaikkan nilai saham sebelum initial publik offering (IPO). Karena demikian pentingnya jasa appraisal asset untuk organisasi memaksa konsultan revaluasi asset untuk selalu memberikan jasanya untuk seluruh indonesia. Di tambah jasa konsultan revaluasi asset masih sangat kurang di indonesia.

Agar bisa memanfaatkan fasilitas ini, segera hubungi Kantor Jasa Penilai Publik-kjpp Seperti kami (Kjpp Kampianus Roman). Sebab hanya kantor jasa penilai Publik-KJPP resmilah dan sah yang dapat memberikan laporan Jasa Konsultan revaluasi asset sebagaimana di atur oleh undang-undang.

Hubungi kami di : WA / IMO : 0813801 63185
Hubungi: WA / IMO : 0813801 63185

WA/IMO : 081212 814843 / 087884 302987
Email : jasapenilaiasset@gmail.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.