Home / Agriculture Certification / Konsultan Sertifikasi Pangan Organik

Konsultan Sertifikasi Pangan Organik

Jasa Sertifikasi Organik

organic agriculture certification
Organic Agriculture Certification Consultant I telp 081380263185

Organic International I organic chemistry I organic agriculture I organic certification

Telp : 021 92795135 I 087884302987

Sertifikasi organik adalah proses untuk mendapatkan pengakuan bahwa proses produksi organik (budidaya tanaman, pengumpulan produk liar, ternak lebah, jamur, ternak dan produk turunannya) atau proses pengolahan produk organik dilakukan berdasarkan standar dan regulasi yang ada (bebas zat kimia). Apabila memenuhi prinsip dan kaidah organik, produsen dan atau pengolah (prosesor) akan mendapatkan sertifikat organik dan berhak mencantumkan label organik pada produk yang dihasilkan dan pada bahan-bahan publikasinya.

Peluang Bisnis
Produk pertanian organik mulai diminati oleh masyarakat sejak meluasnya kesadaran untuk mengkonsumsi hasil pertanian yang tidak terkontaminasi oleh bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Semangat kembali ke alam merupakan peluang yang tepat bagi usaha pangan organik, terutama pada komoditi yang selama ini membutuhkan zat kimia dalam proses produksinya.
Salah satu contoh produk organik yang pernah kami tangani, yaitu produk organik gula merah kelapa di daerah jawa tengah, yang saat ini pasarnya sudah banyak diekspor ke eropa. Sedangkan untuk sertifikasi standar pangan organik (lokal indonesia), dapat kami layani juga, seperti pengolahan/re-packing beras dengan merek perusahaan tertentu.
Untuk mengantisipasi kebutuhan standar produk organik, BSN telah menerbitkan Standar Nasional Indonesia (SNI 01-6729-2002) mengenai Sistem Pangan Organik. SNI ini disusun dengan mengadopsi seluruh materi dalam dokumen standar CAC/GL Codex Alimentarius Commission Guidline 32 – 1999, Guidelines for the production, processing, labelling and marketing of organically produced foods dan memodifikasinya sesuai dengan kondisi Indonesia.

Ruang Lingkup
Pertanian organik adalah sistem manajemen produksi holistik yang meningkatkan dan mengembangkan kesehatan agro-ekosistem, termasuk keragaman hayati, siklus biologi, dan aktivitas biologi tanah. Pertanian organik memprioritaskan pemanfaatan bahan-bahan yang tersedia di lokasi setempat.

Konsultan kami nantinya memastikan dipenuhinya persyaratan SNI 01-6729-2002 sampai pendampingan ketika dilakukan audit oleh badan sertifikasi hingga diterbitkan Sertifikat Pangan Organik oleh badan sertifikasi yang ditunjuk nantinya (Otoritas Kompeten Pangan Organik (OKPO).

Manfaat sertifikasi organik

– Meningkatkan kepercayaan pelanggan/konsumen
– Meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap produk
– Berpaartisipasi dalam program keamanan pangan dunia khususnya indonesia
– Mendukung sistem jaminan mutu (ISO 9001).
– Meningkatkan citra dan kompetensi perusahaan/organisasi
– Meningkatkan kesempatan perusahaan untuk memasuki pasar global melalui produk pertanian yang bebas bahan kimia atau pestisida

sementara badan sertifikasi pangan organik di indonesia sudah sangat banyak misalnya LSPO Socefindo, LSPO Mutu agung lestari, LSPO BIO Cert dan lainnya yang mana semua badan sertifikasi telah terakreditasi oleh KAN

Untuk konsultan sertifikasi pangan organik, dapat menghubungi kami di:

Dp Konsultan
Gedung STC senayan, Lt 4, ruang 31-34
Jl. Asia Afrika Pintu IX-Gelora Senayan
Telp : 021 92795135
Mobile: 087884302987 I 081380163185

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.